Pages

Senin, 19 Oktober 2015

Road to Kampus Fiksi 14



Akhirnya, tiba juga saatnya dapat undangan dari Kampus Fiksi.

Sebenarnya sih aku masuk list angkatan 17, which is masih tahun 2016. Tapi tgl 16 Okt kemarin pas aku cek email, ternyata ada pemberitahuan kalo ada slot kosong di batch 14. Wah ini pas banget timingnya. Di saat aku memutuskan balik ke dunia literasi (setelah sekian lama fokus kejar setoran), Kumpus Fiksi membuka tangannya.

Sempat ragu sebelumnya, bisa berangkat apa enggak. Soalnya kan jadwalnya 30 Okt - 1 Nop. 3 hari bok. Plus pulangnya senin jadi 4 hari. Bisa nggak nih rumah ditinggal? Suami bisa libur hari minggu nggak? Tapi kemudian aku inget, suami pernah janjikan aku boleh libur akhir Oktober karena jadwal dia nggak terlalu padat, ya udah, tinggal nagih janji aja. Aku bilang waktu istirahatku aku pake ikut workshop aja deh. Walopun nggak benar-benar bilang iya, tapi dari pertanyaan-pertanyaannya, aku simpulkan aku boleh berangkat. Jadi deh, tgl 16 sore dapat email rincian, tgl 17 pagi ngeprint surat pernyataan, tgl 18 pagi cari materei dan warnet untuk scan dan kirim persyaratan. Alhamdulillah ngejar. Pas hari penutupan pendaftaran. Sekalian cari tiket kereta untuk tgl 30 Okt. Ternyata Malioboro Ekspres sekarang ada yang pagi. Serba pas dah. Nyampe Yogya hampir jam 4 sore. Peraturannya kan nyampe Yogya paling lambat jam 5 sore. Kalo liat jadwal sih, acaranya mulai jam 7 malam. Spare 2 jam untuk persiapan kali ya?

Aku pikir-pikir, Diva Press keren juga bikin beginian. Semua gratis ditanggung mereka selama peserta di Yogya. Kita tinggal nanggung perjalanan PP aja Yogya - tempat asal. Dijemput di stasiun/terminal/bandara. Service banget. Padahal siapa juga kita? Penulis terkenal juga bukan. Baru belajar nulis. Lolos seleksi sih, tapi tetep aja rasanya keren aja mereka kasih wadah dan pelayanan begini buat kita yang bukan siapa-siapa.

Jadi penasaran berapa banyak cerpen yang masuk untuk seleksi Kampus Fiksi.
Kalo tiap angkatan ada 20 orang trus sampe sekarang ada 13 angkatan, berarti udah 260 orang yang udah dididik di situ. Trus yang kirim cerpen totalnya berapa ya? Ribuan kali ya?Berarti Indonesia tuh warganya lumayan suka nulis lho. Apalagi ada wadah begini. Kan jadi terpacu.  Yah, simbiosis mutualisme sih sebenernya. Diva bakal dapat calon-calon penulis (dan karya) yang potensial. Penulis juga tambah pinter. Klop.

Oya, buat yang belum tau apa itu Kampus Fiksi, bisa dibaca di sini.
Kalo kurang jelas, singkatnya gini nih.. 

Diva Press, salah satu penerbit mayor yang markasnya di Yogya, menyelenggarakan semacam workshop kepenulisan. Workshop ini diberi nama Kampus Fiksi. Peserta terdiri dari 20 orang tiap angkatan, yang selama beberapa hari bakal tinggal di tempat yang sudah disediakan oleh pihak Diva Press di Yogya sana. Makan dan penginapan ditanggung semua oleh pihak Diva. Peserta tinggal nanggung biaya PP aja dari dan ke Yogya. 
Kok mau-maunya sih Diva ngadain dan mengeluarkan biaya untuk beginian? Kalo alasan tepatnya sih mungkin ada yang maumau langsung nanyain ke Mas Edi Mulyono selaku ownernya? Yang jelas untuk bisa ikut Kampus Fiksi harus ikut seleksi. Jadi bisa dibilang Diva hanya membina penulis yang dianggap punya 'harapan' kali ya? Tsaah, harapan, kayak yang nggak lolos madesu aja. Enggak lah. Ya pokoknya gitu deh. Intinya, mereka juga pilih-pilih mau ngeluarin biaya buat siapa. Bingung juga jelasinnya, kesannya sok banget gitu, padahal aslinya enggak banget, hahaha...

Eniwei, buat yang pingin ikutan, tunggu aja mereka buka seleksi lagi. Kayaknya sih tahun depan. Kalo liat angkatannya, sepertinya sekali seleksi di slot untuk peserta selama setahun (ato dua tahun ya?).
Entah deh.

Pokoknya tar naik kereta harus dapat nasi pecel Madiun (lah?).

3 komentar:

  1. Assalamualaikum mb, mohon info utk kontak dan alamat bidan nurul aini. Saya baca di posting blog mb yg lama. Email saya: sheila.firdauz@yahoo.com. terima kasih ya mb

    BalasHapus
  2. eh, mbak tika ini sdh menikah to? tak kira masih kuliah.

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Silakan komentar di sini yaa.

 

Blogger news

Blogroll

Blogger templates

About