Pages

Jumat, 18 Mei 2018

Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api Via Online

Kereta api gerbong baru (sumber: Google)



Bepergian ke luar kota dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan mengendarai kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi umum. Kalau memakai kendaraan pribadi tidak akan menjadi masalah karena waktunya fleksibel, bisa kita tentukan sendiri. Lain halnya kalau mengendarai transportasi umum.

Kalau memilih untuk naik transportasi umum, jadwal keberangkatan memang masih bisa kita yang menentukan namun tentu saja untuk masalah tiketnya tidak bisa seenaknya sendiri, dalam arti jika ingin memperoleh tiket sesuai dengan yang kita inginkan maka harus dipesan jauh-jauh hari.

Sebetulnya tiket masih bisa kita dapatkan di hari H keberangkatan namun kemungkinannya kecil sekali, kenyataan yang sering terjadi kita akan kehabisan tiket. Atau bisa jadi kita masih bisa memperoleh tiketnya tetapi dengan harga lebih mahal dan sudah tidak bisa memilih lagi, sesuai apa yang ada saja. Memilih di sini maksudnya memilih tempat duduk yang enak.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dienakkan di atas tersebut maka jauh-jauh hari kita harus memesan tiket seperti tiket online pt kai. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan tiket dengan harga yang kita inginkan dan tentunya juga tempat duduk yang strategis.

Jenis transportasi umum yang pada umumnya digunakan untuk mengantarkan kita bepergian ke luar kota ada tiga macam. Transportasi darat, laut dan udara. Kali ini yang akan jadi pembahasan di sini adalah jenis transportasi darat, khususnya kereta api.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kereta api merupakan salah satu jenis dari transportasi darat yang memiliki banyak peminat. Terutama sekali untuk sekarang-sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari kenyamanan dan fasilitas lebih yang diberikan oleh PT. KAI (Kereta Api Indonesia), selaku badan usaha milik pemerintah yang dipercaya mengelola kereta api di Indonesia.

Kenyamanan penumpang kereta api betul-betul sangat diperhatikan oleh PT. KAI. Jika dahulu kereta yang dipasangi oleh AC (Air Conditioner) hanyalah yang berkelas eksekutif namun saat ini para penumpang yang naik di kereta yang berkelas ekonomipun sudah bisa menikmati dinginnya hawa di dalam kereta.

Kebersihan juga sangat diperhatikan oleh PT. KAI. Tidak hanya kebersihan di dalam gerbong kereta api dan sekitarnya termasuk toiletnya melainkan juga kebersihan di areal stasiunnya. Fasilitas lainnya lagi yang diberikan kepada para penumpangnya adalah dengan dipasangkannya stop kontak di setiap deret kursi sebagai sarana untuk mengecharge baterei telepon seluler.

Fasilitas yang lain yang tidak kalah menariknya adalah dalam hal pembelian tiket. Saat ini para penumpang tidak perlu lagi harus mengantri tiket di stasiun. PT. KAI memberikan kemudahan dalam hal ini, yaitu cara mudah membeli tiket kereta api via online.

Cara mudah membeli tiket kereta api via online bisa dilakukan oleh para penumpangnya dengan efektif kalau mereka sudah mengetahui hal-hal berikut ini :
  Tiket bisa dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, sejak tiga bulan sebelum hari H.
Jika    Jika anda memesan jauh hari sebelumnya, anda akan memiliki persiapan waktu yang lebih panjang. Berpikirnyapun akan lebih tenang. Tempat duduk yang nyaman yang sesuai dengan keinginan bisa diperoleh dengan mudah.
   Pemesanan tiket sebaiknya dilakukan jangan pada saat loket dibuka karena sudah pasti antrinya akan sangat lama, akan susah sekali untuk bisa tersambung dengan website PT. KAI. Oleh karena itu tunggulah kurang lebih tiga jam sesudahnya, kemungkinan besar trafficnya sudah mulai berkurang kepadatannya.
   Sebaiknya pilihlah metode pembayaran yang lebih mudah. Metode pembayaran yang ditawarkan adalah melalui transfer, debit, ATM, kartu kredit, mobile banking dan e-banking. Salah satu metode pembayaran ini bisa anda pilih, yang lebih memudahkan anda. Dengan demikian tiket bisa lebih cepat anda dapatkan.
   Sambungan internet sebaiknya harus selalu siap siaga selama 24 jam penuh. Karena kalau sampai terputus sebentar saja takutnya tiket yang sudah tersedia di tangan bisa melayang ke orang lain karena proses pemesanannya belum selesai namun sudah terganggu oleh koneksi internet yang tidak stabil.
   Apabila situs PT. KAI nya sibuk terus, kita bisa mencari alternatif lain dengan memesannya lewat agen travel online yang banyak bermunculan saat ini.


Ayoo siapa kemarin yang pingin piknik ke Banyuwangi setelah baca tulisanku Yang Menyenangkan dari Wisata di Banyuwangi sama ulasanku tentang Hotel Watu Dodol? Bisa banget tuh naik kereta api ke Banyuwangi. Kalo dari Malang ada Tawang Alun, dari Surabaya ada Sri Tanjung. Dari kota lain cek masing-masing yak. Yang mau mudik naik kereta api udah pada dapet tiket belum nih? Kalo belum, klik aja link di atas, langsung nyambung, langsung booking deh.

Hayuukk piknik, hayuk mudik!

84 komentar:

  1. Aku dulu pernah pesen online. Tapi bayare harus di alfa atau indomart. Lupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pilihan pembayaran kok 😁

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Aku sudah lama gak naik kereta api... sekarang lebih nyaman euy... lain kali kalau mau naik, belinya onlen juga ah...semoga enggak lupa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang nyaman banget mbak, ekonomi aja pake AC 😊

      Hapus
  4. Dlu jg beli online tp harus tukar tiket lagi ke stasiun min 1 jam sblm berangkat, jadinya lama di stasiun...habia itu ga pernah beli online,langsung beli k stasiun jd nggak lama2 d stasiun hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah gak ada aturan gitu kok. Meskipun mepet juga bisa cetak tiket. Kalo terpaksa kereta udah mo berangkat malah bisa nunjukin yg onlen aja

      Hapus
  5. Sayangnya utk kelas ekonomi belum bisa pesan online utk jarak pendek. Mesti ke stasiunnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, semoga ke depan bisa onlen. Antrinya ampun ampun deh di stasiun 😅

      Hapus
    2. jarak sependek apa yg belum bisa mbak? saya baru sekali beli tiket ka via onlen utk jarak antar kota dalam provinsi (4 jam perjalanan)

      Hapus
  6. Aku juga klo maen ke Jawa lebih suka naek kereta dan pasti booking via webnya kai langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa oleh-olehnya 😁

      Hapus
  7. kebetulan agustus besok aku mau ke jogja naik kereta Mbak.
    artikelmu sangat membantu :)

    terima kasih infonya ya mbak Tik.

    salam,
    ceritaliana.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya, makasih kembali mbak Liana 😊

      Hapus
  8. penting banget nih biar gak kehabisan tiket buat yang mau naik kereta.. terimakasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mo lebaran gini ya?
      Sama-sama kakak, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  9. wah sekarang KA semakin memudahkan para penggunanya ya...pembelian tiket secara real time online jelas lebih efesien ya neng...saya suka banget lho naik KA ARGO BROMO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak perlu antri. Argo Bromo jalur utara ya?

      Hapus
    2. yuuups betul Argo Bromo KA jalur Pantura, Mbak Tika Orang Mana Sih ?

      Hapus
    3. Malang,,, ok semoga nasibnya Mbak admin selalu mujur beruntung tanpa kemalangan sedikitpun seperti malang nya kota Malang....

      Hapus
    4. Amin... Hehehe, alhamdulillah tahun ini yg malang cuma tim bolanya aja, penduduknya enggak 😁

      Hapus
    5. lho kok hoby bola sih...salut ya baru ini saya lihat ada cewek hoby bola.....biasanya cewek itu hoby sama cowok

      Hapus
    6. halo apa kabarnya ....masih suka dandan kan ? awas jangan sampai menor lhoo

      Hapus
    7. Wah, di sini banyak banget cewek hobi nonton Arema, julukannya Aremanita. Gak mungkin dandan menorlah kalo di stadion, hahaha..

      Hapus
  10. pelayanan kereta apisekarang lebih mudah.. nyaman buat perjalanan jauh.. plus hemat

    BalasHapus
  11. wah uda beberapa kali beli online ga ribet dan mudah bangeets bravo KAI

    BalasHapus
  12. Di daerahku belum ada kereta api Mba, padahal pengen banget bisa ngerasain naik kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa main ke daerah yang ada kereta apinya Mbak, hehehe

      Hapus
  13. Terakhir naik kereta akhir tahun 2012. Waktu itu pesannya masih antri puanjang di stasiun. Sekarang apa2 lebih mudah, bisa dengan online ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, itu 6 tahun yang lalu ya? Masih banyak pedagang asongan di dalam kereta ya mbak? :-D

      Hapus
  14. Emang lebih enak mesan tiketnya online, selain lebih mudah, kita juga bisa tau masih ada seat kosong atau nggak.
    Udah gitu kalo mesan di stasiun, selain kena ongkos, kena uang parkir lagi. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, betul betul betul, uang bensin jangan lupa

      Hapus
  15. Enak ya skrg udah bisa beli tiket online,jadi gak perlu ngantri lg

    BalasHapus
  16. Aku jarang naik kereta mba, sekalinya beli tiket langsung ke gambir. Tapi beli tiket kerata api online mudah banget daripada ke gambir ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, belum macetnya nih ya kalo harus bolak-balik

      Hapus
  17. Saya kalo mudik sendiri, pasti naik kereta api. Lebih nyaman, bis istirahat selama perjalanan. Enaknya tiket secara online ya, gampang dan bisa pilih nmr kursi sendiri, gak perlu antri, tapi gak bisa mendadak belinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beli di hari yang sama masih bisa onlen, tapi biasanya sampai 2 jam sebelumnya aja

      Hapus
  18. Aku kalau beli online trs, mudah & sering dpt diskon hahaha.
    KA sejauh ini masih jadi transport umum favoritku, nyaman banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha samaan banget pemburu diskon. Biasanya traveloka yang ngasih diskon 35 ribu ya mbak

      Hapus
  19. Alhamdulilah kak aku kemarin pesen tiket online juga suka banyak diskon dan lebih murah yaa.. dan tentunya mmemudahkan karena bisa dibayar via internet banking, ga harus kesana kemari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, udah diskon, irit bensin dan gak kena parkir, hehehe

      Hapus
  20. Musim mudik kayak gini mantap banget ada terobosan kayak gitu, nggak gini yah hehe, bisa menghemat waktu, biaya dan lainnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bisa aja..
      Iya bener, bisa hemat segalanya. Dana bisa dialihkan buat kasih THR yg muda-muda kayak aku ini
      *dilempar pukis*

      Hapus
  21. Biasanya saya pesan tiket via web pembelian online.. Mudah, kadang2 ada potongannya.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama, nguber diskonan

      Hapus
  22. Pengen aku mba..liburan keluarga pake KA...soalnya selama ini make KA nya baru yang jarak dekat (prameks) melulu..

    Pengen ke Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk mangga ke Malang, kabar2 ya mbak, sapa tau bisa meet up 😍 😊

      Hapus
  23. Suatu saat perlu dijajal pesan tiket online langsung ke website PT. KAI nih.
    Dulu sih seringnya ordernya via di ministore kayak alfa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di link di atas juga mas 😁

      Hapus
  24. lebih mudah dan praktis via OL

    BalasHapus
  25. sekarang PT KAI berevolusi dengan baik, saya rasa ini salah satu moda transportasi tervaforit tertutama masyarakat jawa. Teman-teman saya banyak yang kehabisan tiket kereta waktu mudik, harus pesan jauh hari sebelum keberangkatan dan online ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, rawan kehabisan kalo lebaran gini, beli di stasiun juga antrinya ampun deh

      Hapus
    2. kalau di sumatera yang favorite masih tetap bis mbak. dan ga akan kehabisan sih tapi memang sering penuh.

      Hapus
    3. Wah itu berarti berdiri ya?

      Hapus
  26. Sayapun kalo berpergian by kereta api jadi transportasi favorite emang paling mudah by online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, repot kalo gak onlen tuh

      Hapus
  27. duh aku selalukehabisan tiket saat musim mudik :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bisa dibeli 3 bulan sebelumnya kok mas, segera aja beli kalo udah keluar tanggalnya

      Hapus
  28. Sekarang aku selalu mengandalkan kereta api buat perjalanan jarak jauh di Pulau Jawa. Nyaman, cepat, dan murah. Harga bus, selain sama dan bahkan kadang lebih mahal, pelayanannya kurang dan sering terkendala macet.

    thetravelearn.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, aku juga hampir gak pernah naik bus lagi sekarang. Capek banget naik bus tuh

      Hapus
  29. Perjalanan dengan kereta api sekarang terasa makin nyaman ya. Nggak mesti ribet ngantri tiket juga seperti jaman dulu hihihi.

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bikin ketagihan, hihihi

      Hapus
  30. kebetulan weekend depan mau coba kereta prioritas yang ke bandung, memang lebih enak sih pesan via online lebih cepat dan mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mupeng banget nih naik kereta prioritas

      Hapus
  31. terakhir naik kereta beberapa bulan lalu tujuan jakarta-jogja, dan salut dengan kinerja PT KAI saat ini, makin terarah, gerbong (terutama toilet) lebih bersih dannn on time!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kapan hari itu toilet kehabisan air langsung aku kontak PIC yang tertera di gerbong, eh langsung ditangani loh

      Hapus
  32. Beli tiket online emang paling enak, gak pake antri

    BalasHapus
  33. Emang yah sekarang serba mudah, apa - apa juga mudah, beli tiket juga online lebih cepet

    BalasHapus
  34. Asyiknya sekarang ini ya, mau pergi-pergi tinggal beli tiket by online,sampai lokasi nggak perlu antri gitu. lebih mudah dan praktiss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cucok buat kita yang zibuq

      Hapus
  35. Sayapun kalau pesan tiket KAI lebih suka via online, praktis dan nyaman. Yg penting ga pake antri

    BalasHapus
  36. Saya belum pernah pesan tiket kreta secara online, thanks ilmunya nanti akan saya coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, mudah kok, semoga sinyalnya lancar yaahh

      Hapus
  37. Pengen ih, udah lama ga naik kereta

    BalasHapus
  38. saya juga selalu pake Traveloka.. ke Singapur juga.. sama cari oleh oleh khas Singapura.

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Silakan komentar di sini yaa.

 

Blogger FLP

FLP

Blogroll

Blogger templates

About