Pages

Jumat, 25 Januari 2019

Kuatir Cuaca Ekstrim? Ke Jakarta Aquarium Aja



Sebagai pecinta laut, informasi dari BMKG bahwa pada tahun 2019 kita harus waspada terhadap cuaca ekstrim di perairan seluruh Indonesia, sungguh membuat aku patah hati. 

Gimana nggak patah hati coba, masih belum hilang dari ingatan kita akan terjangan tsunami yang menerjang Palu, Lampung, pantai selatan Jawa Barat dan Banten, yang menewaskan ratusan orang termasuk anggota band Seventeen hingga menyisakan Ivan saja. Kerabatku turut menjadi korban luka-luka pada saat itu. Dia dan teman-temannya terseret gelombang hingga ke tengah laut. Untung saja Allah masih melindungi, hingga mereka bisa berenang kembali ke daratan, walaupun ada temannya yang tidak selamat.

Info BMKG hari ini, tetap waspada


Hal itu tentu saja membuatku harus berpikir ulang, karena tahun ini aku udah bikin planning jalan-jalan ke beberapa lokasi wisata laut seperti Labuan Bajo, Wakatobi, pantai selatan Jawa Timur dan pantai-pantai di Bali. Bahkan untuk menginap di hotel yang berada di tepi laut pun aku berpikir seribu kali. Padahal hotel-hotel eksotis seperti yang misalnya yang pernah aku ceritakan di sini, banyak yang letaknya di tepi laut. Dengan cuaca seperti ini, gimana ya kabarnya hotel-hotel itu?

Alih-alih membatalkan semua rencana, demi keberlangsungan kebahagiaan sekaligus keselamatan jiwa, raga dan keluarga, kucoba cari alternatif pengganti tujuan wisata, yang sekiranya aman dan tetap bisa memenuhi keinginan untuk melihat laut. Nyebur kalau perlu. Penting banget ini mah, nafsu buat nyebur biar bisa lihat ikan dari dekat harus terpenuhi.

Pas lagi gugling sana-sini, aku tiba-tiba teringat sama yang namanya Jakarta Aquarium. Tahun kemarin waktu lebaran di Jakarta sih sebenarnya kita udah kepingin banget ke sana, udah diplanning juga, tapi ternyata waktu habis buat anjangsana keluarga, pas balik ke hotel udah tepar semua, paling jalan ke mal yang deket aja demi menghemat tenaga. Nah, kebetulan kan, bisa sekalian menebus putri yang tertukar. Eh maksudnya planning yang tertunda.

Jakarta Aquarium ini terletak di dalam Mal Neo SOHO, Petamburan, Jakarta Barat. Ada di tengah kota ya, masih jauh dari laut, jadi insya Allah aman deh dari tsunami.

Dari hasil cari info, bukan hanya sekedar lihat ikan lewat (seperti yang biasa kulakukan kalau nyebur laut), Jakarta Aquarium ternyata menawarkan banyak atraksi.

Gemezz nggak sih?

Ikan lewat 😂😂

Karangnya bagus-bagus. Nggak keinjek-injek seperti di laut dangkal sih ya?


Ada touch pool, tempat kita bisa memegang hewan-hewan laut seperti siput, bintang laut, bahkan hiu mungil. Kita juga bisa melihat aktifitas berang-berang, hewan air yang jago membuat bendungan itu. Kabarnya, mereka suka tidur sambil berpegangan tangan lho! Nah lho, pada kesindir nggak tuh? Kita mah sukanya tidur sambil berpegangan sama guling ya? Kalah deh sama berang-berang. *tepokjidat*

Selain hewan-hewan yang bisa dipegang di kolam kecil, di aquarium raksasa kita bisa menyaksikan juga ikan kerapu seberat 300 kg dan ikan hiu perawat sepanjang 3 meter! Panjang banget ya Allah, itu kalau masuk kamarku langsung penuh sesak deh.

Hiuuuuu

Kerapu raksas


Aku juga penasaran banget sama ubur-ubur yang tentakelnya panjang banget. Nggak kebayang kalau ketemu ubur-ubur macam itu di lautan, secara ketemu rombongan yang kecil-kecil seperti yang aku ceritakan di sini aja aku nggak berani nyebur karena takut disengat. Meriang bo'!

Panjang banget tentakelnyaa


Yang paling ditunggu-tunggu tentu saja adalah operet Pearl of the South Sea, sebuah pertunjukan yang mengisahkan kasih sayang seorang raja terhadap putri kesayangannya. Kisah ini diadaptasi dari cerita rakyat sebuah kerajaan di bagian selatan pulau Jawa, disajikan spektakuler dengan perpaduan antara aksi panggung, trik ilusi dan tarian di bawah air. Saran dari sepupuku sih sebaiknya datang pagi-pagi, soalnya dia ketinggalan pertunjukan keren ini gara-gara berangkat kesiangan. Rugi banget kan ya?

Dancing mermaid

Cast operet Pearl of the South Sea


Yang jelas, selain berangkat pagi-pagi, kami harus udah pegang tiket masuk Jakarta Aquarium sebelumnya. Selain biar nggak capek ngantri di loket, lebih murah pula harganya loh. 
Bayangkan, tiket weekday reguler aja tuh, cuma dibandrol 141.000 (dewasa) dan 106.250 (anak-anak), padahal harga aslinya 150.000 sama 125.000. Lumayan banget kan diskonnya?
Kalau mau beli yang premium (weekday), kita cuma perlu bayar 186.000 (dewasa) dan 132.000 (anak-anak) dari harga normal 200.000 dan 150.000.

Bedanya apa dong regular sama premium?

Kalau beli yang premium, kita bisa masuk teater 5D, yaitu sebuah ruangan yang dikelilingi aquarium, jadi berasa kita sedang ada di dalam kapal selam.

Teater 5D


Trus tiket yang aku incer-incer nih, aqua trek, yaitu masuk ke dalam aquarium dengan helm oksigen dan main-main dengan ikan yang berseliweran di situ, cuma seharga 511.500, padahal harga aslinya 550.000. Hemat banget kaann? Selisihnya bisa buat ngopi di malnya, hihihi...


Aqua trek

Jakarta Aquarium, here we come!!

   
 
Lorong di Jakarta Aquarium.

Cucunya Aragog hidup di laut?


 *gambar hasil nyomot dari Traveloka



47 komentar:

  1. Jakarta Aquarium ini juga impianku banget untuk bawa bocah pas liburan nanti.

    BalasHapus
  2. Wuaaaa cakep ya dalamnya
    Anak-anak pasti seneng banget lihat ikan-ikan cantik seliweran gini. Bisa-bisa lupa pulang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tetiba kebayang emak-emak pada menyeret anaknya gegara gak mau keluar dari Jakart Aquarium*

      Hapus
  3. Fix ini kudu mampir ke sini kalau pas main ke Jakarta. Pastinya anak-anak senang dan takjub lihat semua yang disuguhkan di Jakarta Aquarium ini

    BalasHapus
  4. Wah, wah... Seru bangwt ya ternyata Jakarta Aquarium ini.
    Minggu lalu aku ke Neo Soho, nyesel banget gak mampir ke sini. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh, aku jadi ikutan nyesel nih mbak :(

      Hapus
  5. Seru banget sepertinya bisa liburan di Jakarta Aquarium bersama keluarga, tanpa takut diterjang Tsunami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, tenang dah, terlindung dari cuaca buruk

      Hapus
  6. Maret nanti malah dari sekolah mau trip kesini mbak. Jadi udah ga sabar mau lihat semua ikan. Biar anak tahu ikan tuh bukan cuma ikan tongkol,Salem,bandeng,lohan,koi. Hehehe

    BalasHapus
  7. Teri ama lele juga ya mbak? Adanya di meja makan, hihihi...

    BalasHapus
  8. Jadi tambah mupeng mau ke Jakarta Aquarium, penasaran sama teater 5D dan aqua trek-nya. Udah ga perlu jauh-jauh ke bali ya buat jalan-jalan di bawah laut bareng ikan. Hehe

    BalasHapus
  9. Bedanya sama Seaworld apa ya? Klo sekilas liat di foto-fotonya hampir mirip sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seaworld di Ancol Bang, waspada cuaca nih..

      Hapus
  10. Wahh lihat dunia bawah laut bisa via Jakarta Aquarium ya, gak melulu ke Seaworld Ancol.
    tempatnya juga lebih enak ya, lebih nyaman juga ya..
    maubeli tiketnya di Traveloka ahhh..

    BalasHapus
  11. Kehidupan dunia bawah laut selalu menarik dilihat ya. Paling sering siy ke seaworld Ancol, kapan deh nyobain ke Jakarta Aquarium

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betah banget liat laut kalo cuaca lagi bagus. Yang ini nggak perlu nunggu cuaca bagus ya mbak? Selamat menikmati

      Hapus
  12. Wahhh belum pernah kesini wkwkwk, jadi malu akutu

    BalasHapus
  13. wah keren banget tempatnya, wah kudu nabung neh biar bisa liburan ke sini sekeluarga plus tiket pesawat aceh ke jakarta

    BalasHapus
  14. jakarta akuarium ini tempat piknik idaman banet. bisa melihat kehidupan bawah laut yang pastinya gak perlu berbasah basah nyelam segala yaaa. anak anak pasti seneng deh lihat ikan ikan yang belum pernah mereka temui sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betull, ortunya boleh lho nyemplung, hihihi

      Hapus
  15. Ini Jakarta Aquarium ikannya cakep-cakep, ahhaha.. Daripada cuaca tak menentu memang lebih baik cari aman jalan-jalan lihat ikan ya.. Asik banget sepertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak, meskipun cuaca ekstrim, jalan-jalan teuteup dongg

      Hapus
  16. Noted deh mba Tika. Keren Jakarta Aquarium. Pasti anak-anakku suka dan gemes lihat ikan beraneka ragam. Doakan pnjng umur n ada rejeki, bisa ngajak jalan2 ke Jakarta. Thx ulasannya bermnfaat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga tercapai yaa keinginannya

      Hapus
  17. Hwaaa.. pingin pegang hiu mungil. Bagus nih tempatnya, dulu pernah ke seaworld tapi waktu masih sd hahaha udah lupa rasanya kayak apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, masih mungil ya, pasti waktu itu masih takut-taut liat hiu

      Hapus
  18. Wuih keren yah dalemnya. Aku yg dulu pernah tinggal lama d Jakarta malam belom kesana huhu

    BalasHapus
  19. Ajak anak-anak kesini pasti seneng banget...
    Baiklah tak colek2 pak suami hihihi...
    Semoga Allah mudahkan buat kesana. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn, dibantu colek nggak? *LaludibacainayatkursisamaPakVivi*

      Hapus
  20. Kuereeen..bisa liat ikan dari dekat.. Btw aku kok ngeri y liat aragognya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh.. Padahal itu masih seperseribunya Aragog 😅

      Hapus
  21. Makin panjang nih wish list kunjungan kalau pergi ke Jakarta, pasti seru kalau perginya bareng sama2 keluarga

    BalasHapus
  22. Sepertinya, jika ponakanku diajaj ke sini. Dia bakalab suka nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinyaa, mbak Zahara juga pasti suka deh

      Hapus
  23. Wuaaah kereeen
    Aku pengen liat pesona laut
    Mau nyemplung langsung gak kuat, haha

    BalasHapus
  24. Iya melihat cuaca ekstrim gini jadi mikir 2 kali untuk jalan2 kelantai dll, tp wisata yang diatas keren banget nih buat dikunjugi..

    BalasHapus
  25. anakku heboh apa ngga ya kalo ksini,,,hehe

    BalasHapus
  26. keren banget sih, mau kesana cuma tiketnya lumayan hehehe

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.

 

Blogger FLP

FLP

Blogroll

Blogger templates

About