nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mal di Malang: Apakah Ramah Disabilitas?

tikacerita.com,- Gak nyangka, ternyata nyeri lutut ini banyak hikmahnya. Dengan kondisi fisik yang terbatas (baca: Lutut Nyeri, Kirain Penuaan Dini, Eh Ternyata Begini), aku jadi menimbang-nimbang tiap kali mau jalan ke mana gitu. 

mal di malang www.tikacerita.com


Apakah tempat itu cukup ramah untuk kondisiku? Apakah harus lewat tangga? Toiletnya gimana? Mushollanya gimana? Dan setelah beberapa minggu menjalaninya, aku jadi kepikir buat bikin daftar seberapa ramah tempat itu untuk penyandang disabilitas, khususnya leg disabled, siapa tahu ada teman yang membutuhkan. Selain itu, info ini bisa juga dimanfaatkan untuk lansia, ibu hamil dan siapa saja yang terbatas kemampuannya. Dan sebagai area publik yang paling banyak dikunjungi, aku memilih untuk membuat daftar mal-nya dulu.

Ternyata setelah survey, mal di Malang yang lumayan ramah disabilitas ada dua, yaitu:

1. Malang Town Square (Matos)

Untuk aktivitas di kondisi normal (baca: bukan kondisi darurat), Matos menyediakan lift dan eskalator datar walaupun eskalatornya hanya menghubungan lantai dasar (lower ground alias LG) dengan lantai 1 (ground alias G). Letaknya di depan Gramedia.


engan fasilitas ini, para penyandang disabilitas bisa dengan leluasa berpindah lantai.
mal di malang www.tikacerita.com
Eskalator datar di depan Gramedia
mal di malang www.tikacerita.com
Lift Matos 

Toiletnya lumayan luas dan ada 1 bilik yang lebih luas dibanding bilik yang lain, sehingga kursi roda bisa masuk.

Mushollanya luas banget dan ada AC-nya, tapi nggak ada jalan khusus buat kursi roda ke tempat wudhu.

Jika terjadi kondisi darurat sementara kalian ada di lantai 3/upper ground (UG) atau 4/rooftop (RF) yang hanya ada akses eskalator tangga berjenjang padahal lift tidak bisa digunakan, kalian bisa mengambil jalur tempat parkir mobil yang berada di belakang mal. Tempat parkir ini ada di semua lantai Matos, jadi dengan mengikuti jalur ini kalian akan sampai juga di open space luar gedung.

2. Mal Olympic Garden (MOG)

Sejauh ini, ini mal paling besar dan paling ramah disabilitas. Selain dilengkapi dengan lift yang lumayan luas (walaupun tempatnya di ujung banget dan tersembunyi), mal ini juga dilengkapi dengan eskalator datar yang panjang, menghubungkan semua lantai mulai dari tempat parkir sampai lantai teratas. Sehingga jika terjadi keadaan darurat yang tidak memungkinkan menggunakan lift, para pengguna kursi roda masih bisa memanfaatkan eskalator ini untuk menuruni gedung.

Nah, kalo untuk keadaan darurat saja fasilitasnya memadai, apalagi untuk kondisi normal, ye kan?

mal di malang www.tikacerita.com
Eskalator datar di MOG (sumber: flickr)

Hanya saja toiletnya yang agak kurang memadai bagi penyandang disabilitas, karena sempit banget, sulit diakses oleh kursi roda. Kursi roda mungkin harus ditaruh di jalur masuk karena kalo masuk area toilet akan memblokir jalan.

Jenis penyiramnya pake bidet yang memancarkan air dari bawah. Aku nggak tau ini cukup ramah bagi penyandang disabilitas atau enggak.



Selain 2 di atas, mal selebihnya tidak bisa dibilang ramah disabilitas karena aksesnya kurang memadai, tetapi ada yang dalam kondisi darurat mempunyai akses yang bisa digunakan, yaitu:

1. Mal Dinoyo City (MDC)


Mal ini sebenarnya memiliki lift yang menghubungkan tempat parkir sepeda motor dengan lantai 2, lantai 3 (foodcourt dan Royal ATK) dan lantai 4 (Movimax, Happy Puppy dan musholla), tapi sayang sekali lift-nya sering tidak berfungsi. Entah apa maksudnya dengan memasang lift tetapi jarang difungsikan. Ini sangat menyulitkan pengunjung yang tujuannya ke lantai 4, karena dari lantai 3 ke lantai 4 ada tangga berjalan alias eskalator tetapi tangga turunnya hanya tangga manual, padahal ketinggiannya lumayan.

mal di malang www.tikacerita.com
Lift Mal Dinoyo City

Lift saat aktif 

mal di malang www.tikacerita.com
Lift tidak aktif (ini lebih sering)

Jalur yang bisa digunakan ketika terjadi kondisi darurat adalah melalui tempat parkir. Aku sendiri kalo terlanjur naik ke lantai 4 tetapi ndilalah ketika mau turun lift-nya mati, terpaksa turun melalui tempat parkir walaupun bukan dalam kondisi darurat. Yah, darurat buatku setidaknya.


mal di malang www.tikacerita.com
Tempat parkir lantai 3 Mal Dinoyo City yang sering juga digunakan untuk event. (sumber: beritajatim.com)

Aku pernah liat pengunjung mal pengguna kursi roda yang turun dari mobil di parkiran lantai 3, kebingungan untuk berpindah lantai karena yang berfungsi hanya eskalator, sedangkan lift-nya enggak. Nggak tau apa yang terjadi kemudian, apakah keluarganya meminta pihak mal untuk mengaktifkan lift, mengambil jalur melalui tempat parkir, atau malahan pulang saja. Bisa jadi itu terakhir kalinya mereka berkunjung ke Mal Dinoyo karena dirasa menyulitkan penyandang disabilitas.

Kalo sudah gitu, siapa yang rugi?

2. Malang Plaza

Ini mal jadul yang nggak punya lift dan eskalatornya cuma ke atas aja. Kalo turun harus lewat tangga manual.

Tetapi sekarang tempat parkirnya udah dibangun sampai ke lantai atas, sehingga jika terjadi kondisi darurat, jalur parkir ini bisa digunakan untuk lewat. Lumayanlah, daripada nggak ada sama sekali.

Yang kondisinya berlawanan dengan kedua mal di atas adalah Sarinah.

Pusat perbelanjaan ini memiliki lift yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 3 (Movimax). Dalam kondisi normal, fasilitas ini selalu bisa digunakan. Tetapi dalam kondisi darurat yang mengharuskan lift tidak diaktifkan, tidak ada jalur yang ramah bagi penyandang disabilitas karena jalur satu-satunya adalah tangga.

Untuk mal yang lain, kurang lebih kondisinya seperti ini:

1. Dieng Plaza/Cyber Mall

Dieng hanya memiliki eskalator model tangga dan tangga manual di dalam gedungnya. Tidak ada eskalator datar apalagi lift, jadi mal ini hanya cocok untuk mereka yang tidak ada masalah fisik.

mal di malang www.tikacerita.com
Plaza Dieng (sumber:tripadvisor)

2. Plaza Araya

Fasilitas di mal ini sama dengan Dieng Plaza, yaitu eskalator tangga. Musholla ada di parkiran, di luar gedung.


mal di malang www.tikacerita.com
Plaza Araya (sumber: tripadvisor) 

Ternyata lebih banyak mal yang nggak ramah disabilitas ya? Sedih..

Oya, satu catatan lagi: Di Malang aku belum pernah melihat mal yang menyediakan kursi roda.

Aku baru nyadar ini ketika jalan di mal kota lain yang menyediakan kursi roda.

Mengapa di Malang nggak ada yang terpikir fasilitas ini ya? Apa karena nggak ada yang minta? Atau pengunjung selalu membawa kursi rodanya sendiri? Gimana kalau ada kondisi darurat ya?
Ini PR buat mal di Malang sepertinya. Gimana menurut kalian?

Related Posts

22 komentar

  1. Di bulan puasa ini, Saya malah keidean untuk menuliskan mall yang ramah muslim dilihat dari musholanya. Banyak mal yang menempatkan mushola di basement yang jauh dari area bisnis. Ada juga yang nyempil jauh dari bangunan mall.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu tulis mbak, penasaran juga jadinya

      Hapus
  2. Waahhh agak sulit nih kalau diminta mengomentari mall di Malang.
    Sebagai yang sering jadiin mall di Surabaya kek rumah weekend hehehe, sungguh sedih pas ke Malang dan mampir ke mall nya.

    Terakhir bulan lalu deh kalau gak salah ke Malang.

    Ke Transmart baru itu.
    Kan masih baru ya, dalam pikiran, bakal lebih bagus dan bersih.

    Ternyata ya gitu deh :D

    Terus, kami cari makan di mall sebelahnya, apa ya namanya itu?
    Bagus sih, tapi mungkin karena terlalu banyak yang jualan, jadinya sumpek, gak kids friendly rasanya.

    Dan makanannya gak beragam ya, mending makan di luar.

    semoga bisa berbenah lagi ya biar bisa menyediakan mal ramah disabilitas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap ya mbak, belum bisa jadi tuan rumah yg baik. Tapi main ke mlg emang mending ke tempat wisata daripada emol ya 🤭🤫.

      Amin.. sepakat, semoga bisa berbenah

      Hapus
  3. aku pernah ke malang plaza.. bener yaa masih jadul mall nya..
    mall di malang memang kurang bagus mba.. tapi tempat wisata nya bagus-bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepakattt, serbu tempat wisataa 😂😂

      Hapus
  4. Maka dari itu, kalau ke Malang mending ke tempat wisatanya saja. Karena kalau mall kan sudah banyak di kota lain.
    Dan lagi, aku jujur saja belum pernah masuk ke MDC, jadi penasaran kelengkapannya. Ada lagi, Sarinah, Mbak. Cuma nggak ada eskalator datar, kalau lift aku kurang tau juga, sih. Hi tech Mall itu Cyber mall di Dieng, itu, bukan? Malang City Point juga ada, Mbak. Wahh, banyak amat ya mall di Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarinah udah aku bahas juga di atas. Cyber mall iya dieng. MCP aku blom cek ada lift apa enggak, makanya belom aku masukin. Transmart masih belom selesai jadi gak kumasukin juga, hehehe...

      Hapus
  5. Hanya sedikit yang ramah lingkungan buat disabilitas, di Jember juga aku belom tau soalnya gak pernah ngawasi sih

    BalasHapus
  6. Enak ya kalau di semua tempat umum ramah disabilitas. Jadi teman2 tidak merasa enggan bepergian ke tempat umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, perlu banget buat konseptor gedung memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas

      Hapus
  7. Sedih yah masih banyak tempat yang belum ramah disabilitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi kalo liat langsung di depan mata orang kesulitan. Kasian..

      Hapus
  8. Kalau saya berpendapat memang pengelola mal tidak menyediakan anggaran untuk itu, apa mungkin keterbatasan anggaran? Saya pernah ke mal yang di sekitar alun-alun Malang memang cenderung sederhana untuk kota sebesar Malang, lantainya pun kusam, mengingatkan saya kepada Palaguna Bandung yang sudah dibongkar. Semoga saja segera direnovasi agar ramah disabilitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. semoga ya.. Kalo mal arusnya masuk anggaran ya karena bagian dari pelayanan pelanggan. Harusnya juga ada aturan baku dari pemkot utk fasilitas wajib bagi pusat perbelanjaan. Gatau juga ni gimana kebijakannya.

      Hapus
  9. habis pijet minum yang anget anget kan masih hemat 25.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya masih murce kok kalo minuman mah

      Hapus
  10. Sudah lama ga ngemall meski ke Malang, paling udah di alun-alun saja.
    Kalau di Bali sini, ga cuma kursi roda, ada juga disediakan stroller bayi.
    Terakhir ke Sarina pun kayanya 5tahun lalu, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow sampe stroller bayi pun ada? Keren banget fasilitasnya. Kapan ditiru ya Malang ya?

      Hapus
  11. Ralat....lupa, Ramadhan tahun llau masih ke MATOS.
    Padet, ga bis agerak apalagi menjelang buka puasa, food court ramai tapi untung ketemu ibu-ibu yang baik banget nawarin tempat duduk buat kami.
    Musholahnya juga gitu rame banget.....sampai lantai buat widlu super duper licin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kalo Matos bisa engep di foodcourtnya kalo jelang buka. Kalo musholla nggak usah nunggu ramadhan, tiap sholat maghrib antrinya mesti panjang. Untungnya udah luas sekarang. Tempat wudhu juga udah ditambah. sayang ACnya udah gak dingin lagi, hehehe...

      Hapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.