nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

N’PURE CENTELLA ASIATICA, TONER DENGAN KEARIFAN LOKAL DAUN PEGAGAN

tikacerita.com,- Beberapa tahun belakangan ini, cica banyak digunakan oleh produsen-produsen skin care di seluruh dunia. Yang paling terkenal tentu saja skin care dari Korea. Skin care Korea menjadi sangat diminati karena kulit para artis K-pop sungguh membuat kita-kita manusia biasa-biasa saja ini mupeng, ingin memiliki kulit sekinclong mereka.


npure centella asiatica cica


Salah satu bahan dasar yang digunakan oleh skin care Korea adalah CICA (baca: sika). Siapa sangka, cica ini tak lain dan tak bukan adalah daun pegagan. Sounds familiar? Tentu saja! Daun pegagan adalah salah satu bahan tradisional asli Indonesia yang sudah digunakan sejak ratusan tahun untuk berbagai ramuan herbal. Selama ini mungkin orang Indonesia hanya mengetahui pegagan sebagai obat yang dikonsumsi, tetapi ternyata, manfaatnya untuk kulit juga luar biasa. 

Pegagan punya nama latin Centella Asiatica atau lebih dikenal dengan Cica. Tumbuhan yang juga disebut dengan Gotu Kola ini merupakan tumbuhan liar yang hidup di daerah tropis, bisa di dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya, daun pegagan berbentuk seperti kipas berwarna hijau dengan tepian bergerigi dan cabang batang banyak. Bunganya berwarna putih atau merah muda dengan buah kecil-kecil yang berbau harum. Daun pegagan relatif mudah dicerna tubuh dan tingkat toksisitasnya rendah sehingga menjadi pilihan untuk pengobatan tradisional. 

Manfaat centella asiatica untuk kulit antara lain:

1. Mengurangi peradangan kulit

2. Meningkatkan produksi kolagen

3. Membantu mengatasi jerawat

4. Kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak dan phytochemical yang berfungsi sebagai anti-aging

5. Menjaga kelembaban kulit

6. Mengurangi selulit

7. Membantu menghilangkan noda dan bekas luka

8. Kaya akan antioksidan yang mampu menenangkan kulit 

Sejak tahu kalau sebenarnya cica adalah daun pegagan, aku mencari-cari produk skin care lokal yang menggunakan bahan dasar ini. Kenapa produk lokal, soalnya aku sering nggak cocok dengan skin care dari luar negeri. Seringnya sih jadi gatal atau jerawatan. Dasarnya aku memang pejuang alergi (bisa baca tentang terapi alergiku di sini), jadi harus harus ekstra hati-hati kalau memilih produk perawatan kulit.


Baca juga: 4 Manfaat Marigold untuk Anti Aging dalam N'PURE Marigold Serum


Akhir-akhir ini tuh aku lihat di media sosial sering banget seliweran review tentang N’PURE yang punya varian berbahan dasar cica. Meskipun review-nya bagus-bagus, aku nggak begitu saja berani untuk mencoba. Aku cari tahu dulu dong keamanan produknya. Bagus untuk orang lain tapi kalau ternyata belum lolos BPOM atau ada bahan yang tidak halal kan bisa bahaya juga tuh?

Daann hasil kepoku membuahkan hasil. Produk cica series dari N’PURE tuh udah halal dan terdaftar di BPOM. Nggak cuma itu, cica series dari N’PURE juga dermatologically tested dan bebas paraben, alkohol, SLS serta mineral oil, jadi aku tenang karena pastinya aman untuk kulit. 

Emang SLS apaan sih? Apa bahayanya untuk kulit?

SLS adalah sodium lauryl sulfate, fungsinya sebagai surfaktan yang menarik air dan memecah minyak, sehingga membantu proses pembersihan. SLS juga berfungsi sebagai emulsifier, yang membantu bahan-bahan produk agar bisa tercampur dengan sempurna. SLS juga berfungsi sebagai foaming agent yang membuat produk pembersih tubuh bisa mengeluarkan busa yang sangat banyak. Terkadang, produk perawatan tubuh tidak menggunakan istilah SLS tetapi menggunakan istilah lain yaitu Sulfuric Acid, Sodium Dodecyl Sulfate, Sodium Salt, Monododecyl Ester, Sodium Salt Sulfuric Acid, Aquarex me maupun Aquarex Methyl

Kayaknya SLS bermanfaat tuh, tapi kenapa dibilang berbahaya untuk kulit?

SLS memang memiliki manfaat seperti yang disebutkan di atas, tetapi SLS juga memiliki efek yang kurang bagus untuk kulit, seperti kering, iritasi, sensitif, mengelupas, kesat dan seperti ditarik. Tentu kita nggak ingin mengalami kulit yang seperti ini kan? Untunglah, cica series dari N’PURE tidak mengandung bahan tersebut.

Nah, setelah memastikan kalau cica series dari N’PURE ini aman, aku memutuskan untuk mencoba tonernya. Kenapa toner duluan? Ya apalagi selain karena tonerku sebelumnya udah habis wkwk. 

Ini dia hasil unboxing setelah barangnya datang.




CICA N’PURE TONER dikemas dalam botol plastik yang isinya 150 ml. Di dalamnya berisi daun pegagan beneran gaes. Waktu pertama kali pakai, di kulit enak banget. Langsung deh aku pakai buat masker juga. Mana ada jerawat di daguku lagi, jadi aku pakai buat mengompres sekalian itu jerawat yang mulai meradang. Beneran deh, ini toner calming banget ke kulit. Rasanya segar dan nyaman banget di kulit, lembab dan meresapnya enak gitu, nggak bikin kulit kering sama sekali.


Maskeran pakai N'PURE Cica Toner. Abaikan latar belakang wkwk


Nggak heran sih ya, soalnya selain mengandung centella asiatica yang manfaatnya sudah aku sebutkan di atas, CICA N’PURE TONER ini juga mengandung green tea yang berfungsi memperbaiki kulit, mengatasi jerawat, anti-aging dan antioksidan; mixed fruit extract (kiwi, strawberry, yuzu, unshiu orange, licorice, mangosteen, grape, salicylic acid, allantoin) yang berfungsi sebagai anti acne; niacinamide yang mampu mengurangi garis halus, meningkatkan elastisitas kulit, memperbaikin warna kulit yang tidak merata; serta tranexamic acid yang berfungsi mencerahkan dan melembabkan kulit. Toner ini sangat aman digunakan karena formulanya ringan. Dan tentu saja yang menyenangkan, selain berfungsi sebagai toner, CICA N’PURE TONER juga bisa digunakan sebagai masker wajah terutama yang berjerawat.

Penggunaannya sebagai toner, seperti biasa, tuangkan secukupnya ke dalam kapas dan usapkan dengan lembut pada wajah secara merata setelah wajah dibersihkan. Sedangkan sebagai masker, bisa dituang ke dalam beberapa kapas hingga lumayan basah lalu tempelkan ke wajah kita. Diamkan selama beberapa saat hingga toner terserap ke dalam kulit lalu lepaskan kapas dari wajah.

Coba deh, enak banget di kulit. Oya, harga CICA N’PURE TONER 150 ml ini 100 ribu di marketplace, bisa cek langsung di official store-nya di tokopedia. Tapi kemarin pas jalan-jalan ke soco ada diskon jadi cuma 75 ribu saja gaes. Cuss deh ambil diskonnya.

Selamat memanjakan kulit, kawan.


Daftar Biaya Tes SWAB PCR dan Antigen di Malang

Related Posts

24 komentar

  1. penggemar drakor dan k-pop wajib coba nih! aku nggak, hehe. tapi menarik sih, dan emang banyak herbal di dunia yg gak taunya ada di sekitar kita, beda nama aja. yaiya, kan beda bahasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, jadi meskipun bukan penggemar drakor tetep wajib coba ya? Hihihi

      Hapus
  2. Kalau saya cuman male sabun bahan Lidah Buaya. Ternyata bisa juga makai Cica untuk Jerawat.

    Ini produk kecantikan bahan baku alaminya dari Indonesia. Hebat juga Indonesia nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, bisa dicoba kalau pas ada jerawat kak

      Hapus
  3. Di Indonesia memang banyak daun-daunan yg di luar negeri dijadikan bahan obat2an dan kecantikan.

    Tapi sayang, orang Indonesia sendiri belum tahu manfaat dan hasiatnya

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau Cica ini banyak sekali manfaatnya, dari gambarnya keliatan banget segernya maskeran pake toner ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lho kalau mau cobain, buat cowok oke juga

      Hapus
  5. Wah, apa itu maksudnya skincare Korea menggunakan bahan yang juga tersedia secara lokal? Kalau begitu memang lebih baik beli merek lokal macam N-Pure ini

    BalasHapus
  6. Asyik banget ya pakai green tea wajah jadi makin ceria dan mempesona bikin makin betah di rumah, melihat wajah tetap sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting buat self love ya mbak skincare-an tuh

      Hapus
  7. Oooo Cica itu Centella asiatica. Saya kira mantan penyanyi cilik.
    Tapi baru tau juga kalo pegagan itu banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk siapa tuh kak mantan penyanyi cilik?

      Hapus
  8. Wah, ada kandungan green tea juga ya. Ini jadi kayak ada kombinasi . Btw itu Masker begitu ya bentuknya, atau dioles aja bisakah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini toner mbak, dipakai setelah membersihkan wajar seperti toner biasanya, tetapi bisa dipakai untuk masker juga

      Hapus
  9. Wah jadi penasaran mbak sama tonernya npure ini. Kebetulan aku sudah nyoba yang Cica Clear Pad dari npure ini mbak dan memang oke produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa banget berarti nih dikombinasikan toner sama clear padnya

      Hapus
  10. Seneng banget ya bisa punya wajah sehat dengan produk yang terjamin baik juga. Sudah lama denger N'Pure ini dan pengen nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy kak cobain, bagus banget di kulit

      Hapus
  11. Khasiat pegagan sudah sering dengar, sejak masih putih abu-abu. Sekarang ragam produknya sudah dikembangkan ya, penasaran mau coba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, teknologi memang selalu bikin kita takjub ya kak

      Hapus
  12. Lucu banget ya nama nya Cica, padahal pegagan wkwkw, btw aku tydac biasa abaikan latar belakang foto ituh haha

    BalasHapus
  13. boleh juga nih dicoba, tapi masih belum tau cocok atau tidaknya ya sama jenis kulitku yang dibilang kering tapi tidak terlalu kering...

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.