nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Hoala dan Koala, Karakter Lagu Sahabat Anak-anak

tikacerita.com,- Sudah bukan rahasia lagi bahwa musik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam tumbuh kembang anak. Menurut penelitian, musik mampu merangsang neuron dalam otak yang terpisah-pisah menjadi saling bertautan dan mengintegrasikan diri dalam sirkuit otak, sehingga apabila semakin banyak rangsangan musik diberikan akan semakin kompleks jalinan antarneuron tersebut. Hal ini akan sangat membantu terbentuknya dasar kemampuan matematika, logika, bahasa, musik dan emosi pada anak.




Anak-anak sangat mudah diajari sesuatu melalui lagu. Sejak dahulu kala, lagu telah menjadi andalan orang tua untuk menanamkan kebiasaan baik kepada anak tanpa membuat anak merasa terintimidasi atau terpaksa. Baik disenandungkan tanpa musik atau dengan musik, lagu sama-sama punya efek yang baik bagi anak dan sangat membantu orang tua dalam mendidik anak dengan cara yang menyenangkan.


Baca juga: Mencoba Terapi Bioresonansi untuk Alergi


Berkat perkembangan internet dan media sosial yang sangat pesat, kini orang tua tidak lagi kesulitan mendapatkan lagu-lagu untuk mengajarkan kepada anaknya tentang kebiasaan baik. Salah satu channel Youtube yang bisa menjadi sumber inspirasi adalah Hoala dan Koala.


hoala dan koala
Karakter-karakter dalam Hoala dan Koala


Karakter Hoala dan Koala diciptakan pada akhir tahun 2020. Mereka adalah sepasang sahabat yang suka menyanyi dan mempunyai karakteristik khas anak-anak jaman now yang tumbuh dan berkembang di era digital. Dua karakter ini digambarkan dalam bentuk 3D yang tak lekang oleh waktu agar bisa terus berkontribusi dalam dunia musik anak-anak.

 

hoala dan koala



Saat ini Hoala dan Koala telah menghasilkan 5 album dengan lebih dari 45 judul lagu yang bisa dinikmati melalui Youtube(Channel Hoala dan Koala), iTunes dan Spotify. Oya, bukan cuma Hoala dan Koala lho, semua karakter dalam animasi ini juga mampu menyanyi sehingga komunikasi pun dilakukan dalam bentuk lagu. Dalam beberapa lagu, rasanya seperti menonton drama musikal.


hoala dan koala
Hoala dan Koala


Mengingat begitu jarangnya lagu anak-anak Indonesia yang digarap secara istimewa, Hoala dan Koala berusaha berkontribusi dengan cara yang berbeda, yaitu dengan penggarapan yang sangat matang dan serius. Banyak alat musik yang tidak biasa digunakan dalam penggarapan lagu anak, diangkat dan memberikan kontribusi yang apik terhadap lagu-lagu Hoala dan Koala. Alat musik ini diantaranya adalah saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Bukan hanya itu, musisi internasional juga dilibatkan dalam penggarapan musiknya sehingga hasilnya memang tidak kaleng-kaleng.

Tidak percaya? Mari kita nikmati beberapa lagu Hoala dan Koala yang istimewa ini.


1. Saling Bantu

Lagu ini berisi ajakan untuk proaktif menawarkan bantuan kepada orang lain




2. Lagu Kuman

Lagu ini berisi ajakan untuk membersihkan diri



 

3. Kata Ibu

Lagu ini berisi pengingat untuk mendengarkan nasihat dari ibu




4. Minta Ayah

Lagu ini berisi obrolan Hoala dengan ayahnya. Hoala berusaha minta diijinkan untuk menonton televisi dan main HP tetapi tidak mendapat ijin karena sudah menjadi kesepakatan sebelumnya dengan ibu.




5. Susu Favoritku

Lagu ini berisi ungkapan hati Hoala yang selalu ditemani susu di saat emosinya bergejolak




6. Lagu Anak tentang Cuci Tangan

Lagu ini berisi ajakan untuk rajin cuci tangan disertai video cara melakukannya dengan benar



7. Jari Tanganku

Lagu ini mengajak anak-anak untuk mengenal nama-nama bagian jari




8. Lagu Anak-anak Kembali Bersekolah

Lagu ini berisi ajakan untuk bersabar saat belum bisa kembali bersekolah 




Bagaimana? Keren kan? Masih ada puluhan lagu lain di channel Youtube Hoala dan Koala, juga di Spotify dan iTunes. 

Oya, Hoala dan Koala juga berkolaborasi dengan grup-grup musik profesional seperti Laleilmanino, Hivi dan The Overtunes lho! Hoala dan Koala ingin membuktikan bahwa lagu anak-anak pun bisa digarap dengan maksimal, termasuk kualitas vokalnya juga bisa disandingan dengan vokal di luar genre anak-anak. Dan seperti yang kita dengarkan, ada berbagai genre yang dibawa oleh Hoala dan Koala, yaitu seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik, bukan hanya pop anak-anak. Jempol banget pokoknya!

Gabungan antara kualitas vokal, berbagai jenis instrument, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya genre yang dibawakan menunjukkan bahwa Hoala dan Koala tidak main-main dalam usaha membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. 

Apakah harapan ini akan terwujud? Mari kita dukung dengan menonton dan membagikan informasi tentang Hoala dan Koala kepada khayalak ramai dan tentu saja, ajak anggota keluarga bernyanyi bersama!


Baca juga: Short Film Competition Sundance Film Festival Asia 2021, Rangkaian Acara Istimewa untuk Sineas Indonesia



Related Posts

7 komentar

  1. Aku tau ttg hoala koala ini bbrpa waktu lalu, dari salah seorang blogger juga. Sejak itu penasaran, liat videonya di YT, trus suka. Dari situ aku langsung ajakin anakku yang masih TK, buat nonton videonya, 15 menit tiap pagi.

    Dan dia sukaaaa Ama lagu2nya. Cuma memang anakku agak bosen Ama lagu yang bergenre jazz. Dia LBH suka yg ceria. :D

    BalasHapus
  2. Musik untuk semua kegunaan, termasuk mencerdaskan otak anak, sekarang mudah banget diakses dari perangkai gawai. Beruntungnya anak-anak yang lahir di era digital ini. Bahkan dari Youtube pun bisa mengangkes Hoala dan Koala yang akan bikin perasaan anak-anak senang dan neuron otak mereka pun akan dibuat semakin kompleks

    BalasHapus
  3. Asiik mkasaih langsung nonton dan kasih tau bocil nih seru juga Hoala dan Koalaaa

    BalasHapus
  4. Ya Allah, lucu-lucunya..
    Anak Indonesia bahagia bisa mengenal dan menonton acara Hoala Koala yang edukatif. Banyak pesan positif yang bisa diambil dan secara gak sadar, anak-anak akan mencontoh dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  5. Nah bagus ini ada channel YouTube yang menyamyikan lagu2 anak sesuai umur Dan pastinya Memiliki muatan positif

    BalasHapus
  6. Jujur, saya baru tahu Hoala Koala ini. Bagus nih buat edukasi anak. Nanti saya rekomendasikan ke adik-adikku yg punya anak kecil,biar tontonannya makin berwarna.

    BalasHapus
  7. Tontonan yg sangat pas buat anak2 kecil karena saat ini sudah jarang banget tontonan buat anak kecil yang mengedukasi seperi hola dan koala ini.

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.

Tips Memulai Bisnis Online