nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

5 Jenis Pengalih Perhatian untuk Pejuang Mental Illness

tikacerita.com,- Melanjutkan tulisanku sebelumnya di tautan ini tentang cara menenangkan diri saat serangan gejala mental illness atau penyakit mental datang, aku ingin menekankan dulu, sekali lagi, bahwa apa yang aku tulis di sini adalah berdasarkan pengalamanku pribadi ya, sebagai seorang penyintas depresi dan pejuang PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder), bukan sebagai seorang professional atau konselor di bidang kesehatan mental. 


5 jenis pengalih perhatian


Jadi jika kamu memang sudah terdiagnosa sebagai penderita gangguan mental atau mental illness, tetap gunakan panduan yang diberikan konselor atau doktermu sebagai acuan utama ya. Tulisan ini sifatnya hanya bantuan tambahan saja agar lebih mudah memahami diri sendiri. Jika kamu bukan penderita mental illness tapi punya teman/anggota keluarga yang sedang berjuang dengan penyakit mental, tulisan ini mungkin bisa sedikit membantumu memahami kondisi mereka. 


Yuk lanjut.

Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, salah satu cara untuk menenangkan diri sendiri saat serangan gejala mental illness muncul adalah dengan distraction/pengalih perhatian. Bukan tepat menenangkan diri sih, lebih pasnya mengalihkan fokus kita pada hal lain untuk sementara, alih-alih fokus pada kondisi yang sedang kita rasakan.

Ada banyak pengalih perhatian yang bisa kita lakukan sesuai kesukaan dan hobi kita masing-masing.  Berikut ini adalah contoh pengalih perhatian yang bisa kita gunakan sebagai penyelamat pertama alias P3K. Eh P3S ding, Pertolongan Pertama pada Serangan, hehehe..


Ini dia, 5 jenis pengalih perhatian saat serangan gejala gangguan mental datang:

1. Mendengarkan musik

Musik adalah pengalih perhatian yang paling banyak digunakan oleh penderita gangguan mental. Ini adalah cara yang paling mudah, murah dan cepat untuk membuat perhatian kita teralih dari serangan/gejala mental  illness. Hanya saja, sesuai saran dokterku, hindari musik yang kelam, yang membuatmu makin merasa terpuruk dan menderita. Sebaiknya dengarkan musik yang bisa membuatmu bergembira, bahkan berjoget kalau bisa.

2. Menonton film

Ini adalah pengalih perhatian andalanku, yang terbukti paling berhasil membuatku teralih dari serangan gejala depresi dan trauma yang aku rasakan. Jangan heran jika aku bisa menyelesaikan 16 season Grey’s Anatomy hanya dalam beberapa bulan saja. Kalau kamu suka menonton film seperti aku, lakukan saja. Biasanya setelah menonton film beberapa menit, aku mulai merasa tenang dan bisa mulai mendengarkan clearing statement serta melakukan validasi kepada diri sendiri.

3. Membaca buku

Buat kamu yang hobi membaca, kamu bisa mengambil buku sebagai penyelamatmu saat gejala itu menyerangmu. Silakan ambil buku bertema apa saja, asalkan itu tidak membuatmu merasa menderita atau ikut terpuruk. Ingat ya, kita sedang membutuhkan pertolongan pertama untuk mengangkatmu dari tepi jurang dan bukannya malah membuatmu jatuh ke jurang.

4. Beribadah

Beberapa orang merasakan bahwa beribadah membantu mereka bertahan saat serangan gejala mental illness alias penyakit mental menyerang. Bagi yang muslim mungkin dengan membaca quran, berzikir maupun sholat sunnah. Jika itu membantumu, lakukanlah. Tapi ingat ya, orang lain bisa jadi punya cara yang berbeda, jadi tidak perlu memaksakan cara yang sama kepada orang lain meskipun itu bekerja dengan baik di kamu. 

Maaf kalau kejujuranku ini membuatmu tidak nyaman tetapi aku harus bilang ini dengan terus terang karena ibadah adalah hal yang paling sering disarankan oleh orang-orang di sekitar kita padahal kita tidak tahu pasti bagaimana kondisi psikis seorang penderita mental illnessSebagai tambahan info, ada orang yang justru sumber traumanya adalah ritual ibadah jadi ada baiknya kita saling memahami dulu sebelum memberikan saran kepada orang lain.

Sebagai masukan dari aku, adalah lebih baik bertanya dulu kepadanya hal-hal semacam, "Selama ini langkah apa yang kamu ambil?" alih-alih terburu-buru memberi saran, "Coba deh kamu..."

Oke?

5. Bermain game

Game adalah salah satu jenis pengalih perhatian yang cukup banyak diambil oleh para pejuang mental illness saat serangan itu datang. Hanya saja, karena kita sedang membutuhkan pertolongan pertama, alias sebagai batu loncatan untuk langkah menenangkan diri yang berikutnya, ada baiknya jika game yang kita mainkan bukanlah yang membutuhkan waktu yang panjang sampai berjam-jam dan berlevel-level. Game yang tepat untuk dijadikan pengalih perhatian adalah yang berbentuk mini game yang membuat kita cepat merasa lega alih-alih tertekan.

Aku sendiri paling suka bermain game di plays.org.

Kenapa aku suka? Karena kita tidak perlu susah-susah menginstal aplikasi ke ponsel kita. Portal game ini berbasis web sehingga kita bisa bermain dengan leluasa tanpa kuatir memori penuh.

Beberapa game yang aku mainkan di plays.org diantaranya:


1. Money Land

Tugas kita di game ini adalah mengumpulkan koin yang berceceran dengan cara mengatasi rintangan yang ada. 

Ini sebagian permainan yang sempat aku rekam. Beberapa bagian dipercepat ya, terutama bagian yang mati mulu, hahaha...




2. Batman Gotham City Speed

Di sini kita juga harus mengumpulkan koin dengan menghindari rintangan yang makin naik levelnya, makin susah

Ini hasil rekaman permainanku, lumayan sih harus jeli banget menghindari rintangannya.




3. Tetra Blocks

Game ini tentu saja terinspirasi dari game klasik Tetris yang masih langgeng banget sampai sekarang, diadaptasi oleh berbagai portal game dengan nama yang berbeda-beda tetapi inti permainannya sama. 

Ini hasil rekaman permainanku. Sebenarnya levelku udah jauh banget di sini tapi yang aku rekam cuma level 1 sih, maklumin ya sama memori ponselku.




Itu dia game-game yang sempat aku mainkan di plays.org. Selain game-game tersebut, masih ada ratusan game lain yang bisa dipilih demi membantumu mengalihkan perhatian sejenak dari serangan gejala mental illness-mu.

Terkhusus bagi  kamu yang memang sedang mengalihkan perhatian dari serangan gejala mental illness, pastikan game yang kamu pilih yang bisa membuatmu senang ya, hindari yang malah membuatmu tertekan.

Sedangkan bagi kamu yang kondisinya baik-baik saja, hajar saja dah, mainkan apa saja yang kalian mau.


Itu dia 5 jenis pengalih perhatian yang bisa kamu pilih untuk membantumu menstabilkan kondisimu sebelum kamu mengambil langkah pemulihan yang sebenarnya.

Terima kasih sudah membaca, semoga kondisimu segera membaik ya!



Related Posts

6 komentar

  1. Ibadah n doa sih yg paling sering sy lakukan saat ada masalah mental. Selain itu, tidur. Hehe. Thanks tipsnya kak

    BalasHapus
  2. Sepertinya semua poin di atas saya lakukan, hehe. Kegiatan main game memang memberikan hiburan yang menyenangkan. Kadang kalau penat dan lelah sama aktivitas, hiburannya ya lima poin di atas, terutama game.

    BalasHapus
  3. Untuk banyak hal, banyak orang butuh pengalih perhatian ketika sedang besar-besarnya tekanan. Game juga salah satunya ... menyenangkan rasanya bisa bermain game sejenak lalu kembali ke dunia nyata.

    BalasHapus
  4. Mendengarkan musik terdengar menjanjikan sih 😊 kalau membaca buku dan menonton film kembali lagi tergantung bacaan dan filmnya, seringnya lebih tertarik malah dengan yang memicunya. Main game juga seru ya, sejauh ini game favoritku itu semacam harvest moon sih

    BalasHapus
  5. Isu mental health ini memang kini sudah mulai diperhatikan banyak orang dan banyak orang pun mulai aware. Semoga dengan bantuan cara pengalih perhatian dari beban berat yang sedang dialami, bisa membantu meringankan hal-hal berat.

    Bermain adalah cara yang paling disukai. Jadi lepaskan beban sesaat dan tidak memikirkan apapun.

    BalasHapus
  6. Kalau semuanya udah selesai dilakukan dan berhasil tapi selang beberapa jam kemudian fokus utama kembali menyerang langkah baiknya gimana ya ? Thx, bacaanya keren semua

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.

Tips Memulai Bisnis Online