nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Satu Negeri Beragam Inspirasi, Ini Dia 5 Pahlawan IDN Pilihan Juri IDN Media

tikacerita.com,- IDN Media memang media yang tak pernah lelah membuat inovasi dan memberi inspirasi. Setelah berhasil memboyong Sundance Film Festival ke Indonesia dengan Short Film Competition yang berhasil memunculkan sineas-sineas muda berbakat Indonesia, kini IDN Media memberi apresiasi kepada figur-figur inspiratif negeri ini dalam rangka Hari Pahlawan. 




Tepat pada hari istimewa ini, para juri yang terdiri dari:

  • Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times);
  • Winston Utomo (CEO IDN Media);
  • Najeela Shihab (Pendidik dan Pendiri Semua Murid Semua Guru);
  • William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP);
  • Zefanya Deby (Head of Communication IDN Media);

mengumumkan 5 pemenang utama program Pahlawan IDN, sebuah program apresiasi bagi Millenial dan Gen Z yang dinilai berhasil menjadi inspirasi karena telah menginisiasi gerakan-gerakan positif di bidang Lingkungan, Ekonomi, Pendidikan, Teknologi, Kesehatan, Komunitas dan Proyek Kreatif.

Program Pahlawan IDN yang membawa tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi ini menilai aspek orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.

Uni Lubis selaku juri mengucapkan selamat kepada semua penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kalinya dilaksanakan tahun ini. Menurutnya, berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millenial dan Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Uni Lubis berharap dengan anugerah ini, para pemenang dapat dapat terus menjaga komitmen untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas mereka. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.


uni lubis idn media
Uni Lubis


Najeela Shihab yang juga dewan juri, berharap semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Ia mengharapkan agar para peserta dapat terus fokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Ia juga mengharapkan akan ada lebih banyak lagi orang yang sadar bahwa diri kita sendiri adalah perubahan yang selama ini dinanti-nantikan karena memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri.

najeela shihab
Najeela Shihab


Sedangkan juri yang lain, William Hendradjaja, merasa sangat terinspirasi oleh para peserta yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, ada beberapa yang masih duduk di bangku kuliah. Ia merasa sangat berterima kasih atas partisipasi para peserta dan apa yang sudah mereka lakukan sejauh ini. Ia berpesan, agar mereka tidak lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah mereka inisiasi karena perjalanan masih panjang.

pahlawan idn media 2021
William Hendradjaja


Adapun 5 pemenang Pahlawan IDN yang telah dipilih oleh juri melalui serangkain seleksi tersebut adalah:


pahlawan IDN 2021


1. Riliv - diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Riliv merupakan sebuah aplikasi kesehatan mental yang paling banyak diunduh di google playstore. Sebagai pengguna Riliv, saya merasa bangga dengan terpilihnya Riliv sebagai salah satu Pahlawan IDN tahun ini. Riliv memang sangat membantu kami para penyintas mental illness dalam menjaga diri tetap waras di tengah tantangan untuk menjaga mental tetap stabil. Saya pernah menuliskan pengalaman berjuang dengan depresi di blog ini dan pernah juga mengulas Riliv di Instagram.


2. Plana (Plastic for Nature) - diwakili oleh Joshua Christoper Chandra

Plana memproduksi barang-barang hasil daur ulang yang ramah lingkungan seperti misalnya bahan bangunan pengganti kayu. Plana bisa diikuti di Instagram @plasticfornature


3. Mataharikecil Indonesia - diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Organisasi ini merupakan wadah bagi generasi mudah Indonesia untuk menyebarkan kebaikan di bidan pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Akun Instagram Mataharikecil Indonesia adalah @mataharikecil_id


4. BecomeMore Indonesia - diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

Merupakan komunitas siswa SMP dan SMA yang mendorong proses pengembangan diri melalui berbagai program. BecomeMore Indonesia bisa diikuti di Instagram @becomemoreidn


5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Merupakan organisasi yang berfokus pada pendidikan di wilayah Kalimantan Selatan. Kegiatan Literasi Anak Banua dapat diikuti di Instagram @literasianakbanua


Kelima pemenang berhak mendapatkan dukungan publikasi dari IDN Media selama satu tahun penuh dan berhak membawa pulang sejumlah uang tunai. Mereka juga berkesempatan untuk bergabung di signature event yang dilangsungkan oleh IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media.


Selamat untuk semua pemenang! Semoga makin bersemangat dalam berkontribusi untuk Indonesia tercinta!


Related Posts

6 komentar

  1. Selamat untuk semua pemenang. Semua hebat ya. Riliv ... saya belum pernah install aplikasi ini. Mungkin suatu saat saya butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa direkomendasikan buat yg sedang butuh dukungan mental kak

      Hapus
  2. Selamat untuk semua penerima anugerah Pahlawan IDN.
    Semoga program ini rutin diselenggarakan setiap tahun sehingga memberi semangat anak muda Indonesia untuk terus berinovasi yang terbaik untuk negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn, sepakat banget kak, kita perlu mengapresiasi mereka yg punya program-program kebaikan

      Hapus
  3. Saya salut sama para pemenang yang meluangkan waktu, bekerja dengan keras untuk memajukan negeri ini dan berbuat kebaikan dengan cara masing-masing. Hebat sekali lho mereka itu, tak mudah melakukannya

    BalasHapus
  4. Masyaallah keren-keren ya semua pemenangnya.
    Saya tertarik dengan aplikasi Riliv, bisa nih saya rekomendasikan kepada siswaku yang membutuhkan pendampingan khusus.

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.