nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Rekomendasi Mini Game di Bawah 5 Menit

tikacerita.com,- Gara-gara menulis 5 jenis pengalih perhatian untuk pejuang mental illness, aku jadi penasaran sama game-game singkat yang bisa dimainkan di bawah lima menit. 

Ya, kadang-kadang para pejuang mental illness memang hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengalihkan perhatian mereka dari serangan.


mini game


Dulu, saat PTSD-ku masih lumayan parah, aku bisa membutuhkan waktu berjam-jam untuk menenangkan diri, termasuk dalam mengalihkan perhatian. Aku bisa menonton series satu sampai dua episode hanya untuk mengalihkan perhatian dari serangan demi mengumpulkan cukup energi untuk melakukan validasi. Namun sekarang aku hanya membutuhkan waktu lima menit saja untuk menenangkan diri setiap kali ada pemicu PTSD-ku. Itulah kenapa aku mencari game-game yang bisa dimainkan di bawah lima menit saja. Siapa tahu kalian juga membutuhkannya, ini aku buatkan daftarnya.

Baiklah, kita mulai yaa, ini dia..


1. Soliter 

Permainan kartu ini adalah favorit papaku. Saat gabut beliau selalu memainkan permainan ini menggunakan kartu remi. Aku juga belajarnya dari melihat beliau main, tapi kan aku anak milenial jadi mainnya di ponsel aja bukan pakai kartu remi haha.

Cara mainnya cukup mudah kok. Kita tinggal mengurutkan ke bawah kartu-kartunya mulai dari King dengan warna yang selang-seling. Setelah itu pindahkan ke bagian kartu As dengan warna dan jenis yang sama. Kayak gini nih:



 

2. Main kartu 

Selain soliter, ada banyak jenis permainan kartu lain yang kalian bisa pilih sesuka hati seperti poker, blackjack, gin rummy, dll.  Kalau aku lebih suka main 3-1, yang mirip sama 4-1 cuma lebih mudah aja. Serius gampang banget hahaha..




3. Maze

Sesuai namanya, game ini adalah mencari jalan sampai ke tujuan. Level awal biasanya super duper mudah yang bisa kita selesaikan hanya dalam waktu beberapa detik saja. Makin tinggi levelnya tentu saja makin menantang.





4. Mencocokkan gambar

Pada platform game, mencocokkan gambar ini kadang dimasukkan sebagai kategori Mahjong, meskipun Mahjong sendiri jauh lebih kompleks daripada sekedar mencocokkan gambar. 

Permainan yang berasal dari Tiongkok dan telah berusia lebih dari 2500 tahun ini biasanya dimainkan oleh empat orang, berisi 144 set ubin dengan berbagai karakter dan simbol. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat, permainan ini terjual hingga 12.000 set, luar biasa sekali, bukan? Permainan ini penuh dengan filosofi, bahkan tempat duduk pun diatur sesuai dengan arah mata angin.

Namun dalam platform game, pilihan permainan yang masuk kategori Mahjong biasanya ada banyak pilihan alias Mahjong ala-ala.

Seperti yang aku mainkan di bawah ini. Main game ini berasa jadi anak TK lagi saking sederhananya, masih jauh banget dibanding Mahjong yang sebenarnya, tapi ya karena tujuanku memang untuk sekedar mengalihkan perhatian, aku tidak membutuhkan permainan yang terlalu rumit. Khawatirnya jadinya malah stress haha. Lebih mudah lebih bagus lah karena di saat serangan datang dan kita merasa buruk, berhasil menyelesaikan permainan adalah sebuah prestasi yang membantu kita merasa lebih baik, meskipun itu hal yang sangat sederhana.




5. Mencari benda 

Tampaknya permainan ini lebih cocok diberi istilah main petak umpet virtual deh karena kita harus mencari benda-benda yang tersembunyi. Yang membuat permainan ini jadi menantang adalah terkadang benda-benda tersebut sudah seperti tipuan mata saja, ada di depan kita tapi kita tidak sadar kalau dia ada di situ. Seru sih, seringnya tepok jidat sambil bilang, “Lah, ternyata ada di situ!”




6. Menyamakan baris 

Ini adalah permainan yang mengharuskan kita untuk menyusun 3 gambar yang sama menjadi satu deret. Semacam tetris lah ya, tapi yang versi pendek. Ini juga level awalnya kayak permainan anak TK sih tapi makin tinggi level makin susah juga.




7. Permainan kata

Huruf dan angka memang sangat menarik dijadikan permainan. Ada berbagai jenis permainan yang berbasis huruf dan angka semacam ini, misalnya menyusun huruf, menyusun kata, menemukan kata, teka-teki silang, sudoku, dll. Aku sendiri mencoba memainkan word search alias mencari kata yang tersembunyi. Enaknya sih udah ada petunjuk kata yang harus dicari, jadi kita tinggal cari aja. Kadang-kadang formatnya terbalik jadi kita harus jeli.




8. Permainan bebas

Selain game-game di atas, ada berbagai permainan yang juga bisa kita mainkan di bawah lima menit yang aku rekomendasikan. Diantaranya scrabble yang biasanya kita mainkan di atas papan, kini bisa kita mainkan di atas layar. Cara mainnya tentu saja sama seperti scrabble pada umumnya yaitu menyusun huruf yang muncul menjadi kata. Aku ingat dulu sewaktu masih SD main scrabble ini untuk recalling kosakata bahasa Inggrisku.

Oh, I really miss my old scrabble.





Itu dia beberapa jenis game yang aku rekomendasikan buat kalian yang ingin bermain dengan singkat saja. Rekomendasi ini boleh buat siapa saja yang sedang mencari hiburan singkat kok, bukan cuma kita-kita yang mentalnya sedang tidak stabil. Buat yang sedang berjuang menstabilkan mental, ganbatteee!


Have fun, kawan!   


Baca juga: Cara Mengatasi Depresi, Tips dari Penyintas

Related Posts

10 komentar

  1. Saya senang main soliter.seru sendiri. Bisa berjam-jam mainnya sampai menang terus. Sebel kalau kalah.hahahaha

    BalasHapus
  2. Suka sekali sama games yang mencari benda atau mencocokkan gambar. Enggak menguras banyak pikiran tapi tetap menghibur. Apalagi kalau visualnya bagus-bagus, makin semangat mainnya.

    BalasHapus
  3. Rata2 games yg sering aku mainin juga mbaaa 😄. Paling suka Ama yg cocokin gambar, bener2 harus fokus dan konsentrasi. Kdg suka gemes, ngerasa udah inget lokasi gambarnya, ternyata salah jugaaaaa 😅. Bagus juga buat ga pikun main begini

    BalasHapus
  4. Itu game yang dulu sering aku mainin hahahaha
    Paling suka yang soliter, mencari kata sama menyamakan baris, bisa Berjam jam itu mainnya sampai mata ngantuk 🤣
    Yang paling gemes itu sama game yang mencocokkan gambar karena harus fokus, udah fokus aja masih tetep salah 🤣🤣

    BalasHapus
  5. Wkkk ini jaman aku hamil gabut nunggu suami pulang maen games ini krn bikin mikir otaknyakan ga taunya tau tau sore #deuh

    BalasHapus
  6. Tos, Mba Tika!
    Rata-rata semua gamesnya hampir pernah aku mainkan.
    Tapi jarang banget aku main mini games di bawah 5 menit. Hihihi.
    Minimal 1/2 jam lah.
    Apalagi kalau kalah, duh, pinisirin.
    Pasti aku bakal main lagi, main lagi sampai minimal melebihi skor sebelumnya.

    BalasHapus
  7. Saya sudah lama banget gak main game. Tapi gegara baca artikel bahwa teka-teki silang bisa memperlambat kepikuran, akhirnya pasang deh aplikasinya di ponsel. Emang pas asik main, jadi gak mikirin apa-apa. Jadi untuk teman-teman yang butuh game untuk rileks sejenak, daftar yang di atas sangat membantu

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu ternyata games bisa menjadi pemegang peranan penting ketika seseorang sedang mengalami Post-traumatic stress disorder dan segera setelah bermain di plays.org bisa menjadi stress release.

    BalasHapus
  9. Soliter pernah jadi favoritku saat pake PC tabung warna putih dulu

    BalasHapus
  10. Game singkat-singkat begini memang cucok buat kegiatan di sela-sela waktu, terutama pas sibuk. Malahan bagus sekali kalau jadi media untuk menenangkan diri...
    Pas juga buat penggemar game simple...
    Diantara game yang disebutkan di atas, aku suka main game permainan kata, mencari benda, mencocokkan fambar, dan menyamakan baris, ya pokoknya yang simple-simple aja, hehehe

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.

Rekomendasi Mini Game di Bawah 5 Menit