nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Jenis Hosting untuk Meningkatkan SEO dan Bisnis

tikacerita.com,- Di era digital sekarang ini, situs merupakan salah satu elemen penting jika kita ingin memperluas cakupan dalam dunia maya. Apa pun profesi yang digeluti, situs mempunyai peran penting dalam memperkenalkan diri, usaha, maupun proyek-proyek yang kita tangani kepada dunia luar. Agar tujuan ini tercapai, tentu saja kita harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO atau Search Engine Optimization. Optimasi ini memudahkan Google untuk melacak dan menempatkan situs kita di halaman pencarian teratas sehingga orang mudah untuk menemukan situs kita.


tipe hosting


Situs yang disarankan untuk kalian yang ingin optimal dalam SEO adalah situs berbasis WordPress. Jika kalian telah memilih domain, maka langkah selanjutnya adalah memilih hosting. Pemilihan hosting ini tidak bisa sembarangan karena tipe hosting dan penyedianya sangat besar pengaruhnya terhadap performa dan keberlangsungan situs kita ke depannya. Tentu tak ada di antara kita yang ingin situsnya tiba-tiba error dan tidak bisa diakses hanya karena pemilihan hosting yang asal-asalan, bukan? 

Apa itu Hosting?

Secara sederhana, hosting adalah rumah bagi sebuah situs. Bayangkanlah sebuah tempat tinggal. Tempat tinggal tersebut memiliki dua elemen yaitu alamat dan rumah untuk ditinggali. Bagi sebuah situs, domain adalah alamat, sedangkan hosting adalah rumah tempat tinggal. Jika rumah berisi perabotan, maka hosting berisi data, file dan database dari sebuah situs. Salah satu penyedia hosting yang banyak direkomendasikan adalah hosting niagahoster yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Jenis Hosting untuk SEO

Ada macam-macam hosting yang perlu diketahui. Di bawah ini aku sebutkan jenis-jenis hosting yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memilih tipe hosting yang sesuai kebutuhan situs kalian, yaitu:

1. Hosting Manage WordPress

Hosting ini adalah tipe hosting yang paling populer. Penggunanya mencapai jutaan orang. Kelebihan dari hosting ini adalah bisa meng-update secara otomatis dan bisa mem-backup data secara harian, mingguan maupun bulanan untuk menghindarkan pengguna dari potensi kehilangan data.




2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan salah satu inovasi jenis hosting yang juga cukup banyak digunakan. Seperti namanya, tipe hosting ini mengandalkan teknologi penyimpanan awan sehingga memungkinkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar dan keamanan yang terjamin. Dukungan terhadap SEO juga cukup mumpuni. Kelebihan lain adalah jika terjadi jaringan yang bermasalah, secara otomatis kalian bisa menggunakan server lain. 

Sebelum memutuskan menggunakan hosting ini dalam jangka panjang, kalian bisa mencoba dulu menyewa hosting jenis ini selama 1 bulan dulu. Jika kalian puas dengan hasilnya, silakan diperpanjang sesuai dengan kebutuhan situs kalian.


cloud hosting


3. Hosting Server VPS

Ingin memiliki kontrol penuh terhadap situs kalian? Coba gunakan VPS atau Virtual Private Server. Tipe hosting ini menyediakan layanan berupa server virtual. Server jenis ini memungkinkan penggunanya untuk memegang kontrol penuh terhadap situsnya dengan keamanan tingkat tinggi. 

Pengguna tipe hosting server VPS banyak yang memberikan review positif karena tipe hosting jenis ini nyaris tidak pernah ada masalah dan sangat stabil. Jika kalian adalah pebisnis online atau sedang mengerjakan proyek yang sangat mengandalkan SEO, ada baiknya kalian memilih tipe hosting ini. Salah satu penyedia layanan hosting jenis ini yang sangat direkomendasikan adalah VPS Niagahoster.

4. Shared Hosting

Apakah kalian baru saja membangun usaha? Sedang mengembangkan bisnis skala kecil atau UMKM? Mengerjakan sebuah proyek dengan dana minim? Tak ada salahnya kalian menggunakan tipe hosting yang satu ini. 

Sesuai namanya, shared hosting adalah jenis hosting yang konsepnya berbagi server utama dengan pengguna situs lain. Hosting ini adalah jenis hosting yang mainstream dengan pengguna paling banyak.  Hal itu disebabkan karena tipe hosting ini adalah jenis yang paling murah dan sangat ramah kantong. Ia juga mudah digunakan karena pengaturannya sudah disediakan oleh penyedia hosting

Namun perlu diingat bahwa hosting jenis ini hanya cocok untuk situs yang traffic-nya masih kecil. Jika traffic mulai membesar, ada resiko situs kalian bakal error karena tidak kuat menampung pengunjung yang sangat banyak. Jika pengunjung situs kalian mulai meninggi, ada baiknya kalian segera beralih menggunakan hosting yang lebih baik kinerjanya.


Perlu dibaca: Fortune Indonesia, Media Bisnis Baru untuk Milenial dan Gen-Z


5. Reseller Web Hosting

Hosting ini mirip-mirip dengan jenis shared hosting. Bedanya, hosting jenis ini lebih mahal karena menawarkan fasilitas dan fitur yang lebih baik daripada shared hosting, yang meliputi server pribadi, situs gratis, platform untuk mendesain dan mengatur situs, dukungan teknis dan masih banyak lagi.

6. Dedicated Hosting

Sesuai namanya, hosting ini didedikasikan untuk satu situs saja tiap server-nya. Hosting jenis ini sangat eksklusif dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahan besar dan profesional yang kontrol pengelolaanya berada penuh di tangan pengguna. Bisa dibilang hosting jenis ini adalah hosting dengan level tertinggi yang bisa mengatasi traffic yang sangat tinggi dan SEO-nya profesional, oleh karena itu harganya juga mahal.


tipe hosting


Cara Memilih Hosting yang Baik untuk SEO

Setelah mengetahui tipe-tipe hosting yang bisa dipilih untuk situs kalian, tentunya kalian juga ingin mendapatkan tips bagaimana cara memilih hosting yang baik agar SEO situs kalian benar-benar optimal, bukan?

Nah berikut ini beberapa tips yang barangkali bisa membantu.

- Cek fitur yang disediakan oleh penyedia layanan. Apakah fiturnya sesuai dengan kebutuhan situs kalian dan sesuai dengan yang dijanjikan dalam paketnya?

- Pastikan fitur keamanannya. Apakah ada perlindungan dari peretasan dan virus? Jika tidak, lebih baik dipikir ulang deh.

- Periksa pilihan paketnya. Penyedia hosting yang kredibel tentu akan memasang harga yang wajar sesuai dengan fitur yang tersedia. 

- Periksa garansi dari penyedia layanan hosting. Garansi adalah salah satu elemen penting yang dicari oleh pengguna karena memastikan layanan yang mereka gunakan bisa dipercaya. Makin lama garansi, makin baik.

- Periksa review dari pengguna lain. Jika mayoritas review-nya positif, maka penyedia layanan tersebut cukup bisa dipercaya.

- Periksa apakah CS yang tersedia benar-benar merespon dengan baik masalah yang kalian hadapi. Jangan sampai CS-nya angin-anginan, di-chat sekarang balasnya bulan depan. Mirip si dia tukang ghosting gak sih?

- Periksa performa server. Jika ingin mencoba dulu, cobalah jangka waktu yang pendek dulu, sehingga jika mengecewakan, kalian bisa beralih menggunakan penyedia layanan hosting yang lebih baik

Bisnis Online Tidak Hanya Mengandalkan SEO

SEO memang berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis terutama dari dunia digital. Namun perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi berkembang tidaknya bisnis kalian. Beberapa di antaranya adalah promosi, inovasi, riset pasar, pelayanan konsumen dan masih banyak lagi. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dipersiapkan untuk membuat bisnis kalian makin berkembang.

Kesimpulan

Bisnis online, digital marketing dan dunia maya memang selalu berkembang. Sebagai orang-orang yang melebarkan sayap dalam dunia digital di bidang apa pun, tentu kalian membutuhkan berbagai macam dukungan. Untuk pengelolaan situs, pilihlah jenis dan penyedia hosting yang kompeten dan bisa mendukung aktivitas kalian. Yang rekomen tentu saja adalah hosting Niagahoster.

Aku doakan semoga apa pun proyek yang kalian handle terus berkembang dan suatu hari bisa menguasai pasar. Amin ya rabbal alamin!


Related Posts

6 komentar

  1. Beneran harus pilih hosting yang tepat biar SEO nya jadi bisa dimaksimalkan ya kak. Kudu teliti dan mencari tahu sebelum memutuskan untuk menyewa hostingnya

    BalasHapus
  2. Ternyata jenis2 hosting banyak ya mbaaa. Baru tau nih jadinya. Blog ku sendiri dulu itu bikinnya pake self hosting juga, tapi jujur ga tau jenis yg mana 🤣. Pokoknya aku bilang ke temenku, aku cuma nulis aja, dia aku bayar buat urusan maintenance dan bayar annual fee nya 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh berapaan annual fee nya ? siapa tau lebih murah

      Hapus
  3. Mesti Jeli ya memilih Hosting supaya kelancaran bisnis berjalan dengan baik, bagaimanapun jaman sekarang situs sesuatu yg wajib menjadi bagian dari bisnis.

    BalasHapus
  4. Jujurlly selama ini aku ga merhatiin hosting mana yang lebih bisa meningkatkan SEO dan bisnis, Saya pakai layanan dari satu perusahaan hosting dimana semua sudah diatur, kalau ada komplain, masalah tinggal lapor aja

    BalasHapus
  5. Kalau sudah memiliki hosting dan website pribadi, maka belajar sedikit demi sedikit mengenai SEO dan ini akan sangat baik sekali untuk kemajuan sebuah usaha masa kini yang semuanya bisa diakses dan dicari menggunakan mesin pencari seperti google.

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.