nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Nongkrong Virtual Bareng IDN Live dari IDN Media

tikacerita.com,- Hari gini, siapa sih yang nggak suka nongkrong? Tempat nongkrong baru bertebaran di mana-mana, mulai dari gerobak, angkringan, warung mie, kafe sampai resto di hotel berbintang, menyediakan tempat nongkrong karena pemiliknya paham bahwa pasarnya sedang berkembang pesat.


live streaming IDN Live IDN Media


Nongkrong adalah salah satu bentuk aktualisasi manusia dalam berinteraksi sosial. Manusia dikenal sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Karena itulah, kebutuhan sosialisasi manusia modern memang sebuah keniscayaan. Akan tetapi ada hal menarik yang patut digarisbawahi, bahwa sosialisasi telah berkembang maknanya dari masa ke masa. Dahulu mungkin sosialisasi haruslah bertemu secara fisik di suatu tempat, tetapi makin kemari, seiring makin berkembangnya teknologi, manusia bisa bersosialisasi meskipun terpisah jarak dan waktu. 

Lihat saja bagaimana video call, zoom, google meet telah menghapuskan batasan wilayah dan menyatukan kita semua menjadi nihil jarak. Dengan cara tersebut, kita bisa nongkrong dengan teman dan keluarga secara virtual.

Teknologi terus berkembang dan kini kita bukan hanya bisa berinteraksi virtual dengan teman dan keluarga, tetapi juga dengan orang-orang yang tidak kita kenal, bahkan dengan para pesohor. Salah satu cara interaksi yang kini makin disukai adalah melalui live streaming.

nongkrong
Nongkrong


Salah satu aplikasi yang menyediakan konten live streaming adalah IDN App dengan fitur IDN Live. Beberapa waktu yang lalu aku sempat mengulasnya juga. Melalui IDN Live ini kita bisa mengikuti konten streamer yang disajikan secara live atau real time. Kita bisa berkomentar, bisa bertanya, juga bisa memberi hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap konten yang disajikan.


Menurut COO IDN Media William Utomo, ada beberapa hal menarik mengenai tren live streaming ini:


1. Gen-Z makin berminat pada konten live streaming

Tumbuh pada masa teknologi yang berkembang sangat pesat, Gen-Z merupakan generasi yang akrab dengan gawai, aplikasi dan fitur-fitur pendukungnya. IDN Research Institute melakukan penelitian terhadap generasi ini dalam Indonesia Gen-Z Report 2022 dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagai generasi digital native, konten yang sangat disukai oleh Gen-Z adalah video, dengan video-based content menempati posisi pertama dengan 75% pilihan responden dan posisi kedua ditempati live streaming dengan prosentase 13%.

Dengan populernya konten live streaming, tak heran banyak aplikasi menyediakan fitur ini dalam menu pilihannya. IDN Live dalam aplikasi IDN App adalah salah satunya.


2. Perilaku unik penikmat konten live streaming

Dalam satu tahun IDN Live hadir di dalam IDN App, ada perilaku unik yang disoroti oleh William Utomo, yaitu loyalitas. Para penikmat ini sangat loyal terhadap streamer favorit mereka sehingga tak ingin ketinggalan konten terbaru yang disajikan. William menyebut fenomena ini sebagai micro community. Mereka suka menyaksikan berbagai macam konten yang disajikan, bahkan kadangkala hanya berinteraksi saja dengan streamer. Perilaku ini merupakan keunikan tersendiri.


3. Berkolaborasi membangun ekosistem live streaming

Pertumbuhan micro community ini tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. IDN Media mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem live streaming, salah satunya adalah dengan tim-tim esports. Tentu bukan rahasia lagi kalau komunitas esports mempunyai basis masa yang besar dan loyal. Beberapa tim esports yang bergabung dengan IDN Live untuk melakukan live streaming diantaranya adalah ONIC Esports, Bigetron Esports, PAOXTIPI. Semoga setelah ini Aura Esports juga bergabung ya, biar bisa nonton Mira, hehehe... 

Live streaming esports yang paling ditunggu-tunggu tentu saja mabar alias main bareng. Ibarat nongkrong, live streaming dua arah ternyata lebih disukai daripada live streaming satu arah karena pada dasarnya kita manusia lebih suka melakukan sesuatu bersama-sama, seperti main bareng, menonton video bersama bahkan sekedar ngobrol pun kita suka.


mabar
Mabar


4. Terus berinovasi menguatkan micro community

Dengan keberadaan IDN Live di IDN App, William berharap IDN Media bisa memberikan kontribusi dalam interaksi sosial antara audiens dengan streamer favoritnya yaitu dengan nongkrong bareng secara virtual. Harapannya, akan semakin banyak streamer yang terlibat untuk menciptakan konten di IDN Live, dengan demikian micro community akan makin solid dalam mendukung karya-karya positif para stremer sehingga tercipta hiburan yang aman dan menyenangkan. 


Yuk, dukung terus para kreator konten dan streamer di IDN Live! 


Related Posts

4 komentar

  1. Aku tuh pengen jadi streamer, tapi ga pede πŸ˜† udh gitu takut ga ada yg nonton πŸ˜… padahal kan cuek aja ya. Itung2 latihan public speaking πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  2. Ada youtuber, ada selebgram, tiktokers, ada juga streamer. Semua butuh kreatifitas yang tinggi😁

    BalasHapus
  3. Saya juga salah satu penikmat konten, tambah asik rasanya mmg jika bs berinteraksi lgsg dgn org lain. Aplikasi yg memang sesuai dgn passion generasi kini.

    BalasHapus
  4. Jadi streamer di IDN App.. share ttg buku2 gituu..

    BalasHapus

Haii, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Silakan komentar di sini yaa.